Apa itu Diabetes Tipe 1 ?

Banyak orang di indonesia lebih mengenal istilah Diabetes basah atau Diabetes kering, saya sendiri pun gak begitu paham dengan istilah itu namun yang sedikit saya tahu adalah kalau Diabetes basah berarti dia yang gampang luka atau lukanya sulit sembuh, dan Diabetes kering sebaliknya mudah sembuh saat luka.

Lalu Diabetes Tipe 1 ini masuk kategori yang mana? yang basah atau kering ??

Baik saya akan coba jelaskan secara singkat dan sederhana, secara istilah medis tidak dikenal dengan istilah Diabetes basah atau kering namun lebih di kenal dengan Diabetes tipe 1, Diabetes Tipe 2, Diabetes Gestasional, Diabetes Lada dan lain sebagainya, dan di artikel kali ini saya coba berbagi menganai Apa itu Diabetes Tipe 1  secara sederhana menurut saya.

Baik, sebelum saya mulai saya anggap temen semua sudah mengenal apa itu diabetes, Insulin, pangkreas dan sebagainya yang berhubungan dengan Diabetes.


Diabetes Tipe 1 adalah sebuah kondisi dimana salah satu organ yang bernama Pangkreas yang berada di dalam tubuh sudah tidak mampu atau bahkan sedikit sekali mengeluarkan inslin untuk memecah gula dalam darah menjadi energi, sehingga hal itulah yang menyebabkan gula dalam darah menjadi tidak terkontrol alias tinggi dan ketika gula darah tinggi melewati ambang batas orang normal pada umumnya 80mgdl - 140mgdl pada orang normal berarti kemungkinan jika di atas itu sudah dapat di pastikan mengalami Diabetes.


Di karenakan Pangkreas sudah tidak mampu mengeluarkan insulin, berarti wajib untuk penyandang Diabetes tipe 1 mendapatkan pengobatan insulin dari luar dan yang sudah beredar saat ini adalah insulin berupa Pen dan Pump Insulin .

Banyak yang bilang Diabetes Tipe 1 ini bisa juga di akibatkan oleh Auto Imun (sebuah kondisi dimana imun yang seharusnya melindungi tubuh dari virus justru malah menyerang organ lain dalam tubuh) dan di sebutkan di sini organ yang di serang adalah Pangkreas sehingga fungsinya berkurang bahkan berhenti untuk memproduksi insulin.

Biasanya Diabetes Tipe 1 ini di alami oleh anak - anak, hingga remaja atau yang berumur kurang dari 30 tahun, namun ada beberapa kasus juga mereka yang di kategorikan Diabetes Tipe1 saat usianya sudah di atas 30 tahun, Diabetes ini sendiri tidak bisa lepas dari insulin karena memang hormon pangkreas dalam tubuh sudah tidak memproduksi insulin berbeda dengan Diabetes Tipe 2 yang mereka mengandalkan obat oral untuk memacu kerja pangkreas karena hormon pangkreas pada penyandang Diabetes Tipe 2 masih berfungsi walaupun tidak maksimal, namun banyak kasus juga Diabetes Tipe 2 yang sudah menggunakan insulin.

Kesimpulannya adalah, Diabetes Tipe 1 adalaha mereka yang kebanyakan anak - anak dan remaja yang membutuhkan pengobatan insulin dari luar, namun itu tidak menjadikan mereka tidak bisa aktif seperti anak - anak lainnya jutru mereka harus lebih aktif karena olahraga menjadi kewajiban bagi mereka .

Posting Komentar